Sunday, March 23, 2008

Aduh, vagina bau nih jadi males ML

Kepada Yth. Pengasuh Rubrik, langsung saja, Saya suami usia 26 th, istri 25 th, sekarang dikaruniai 1 putri usia 6 bln, Dok setiap ML vagina istri bau, so membuat saya tidak mood, jadi setiap kali ML saya selalu tahan nafas agar sukses, hal ini terjadi pada waktu malam pertama sampai sekarang, padahal sudah diperiksakan ke dokter Kulkel tapi masih juga bau (blm periksa ke lab), bukan hanya itu istri juga sering minum jamu tapi hasilnya nihil, yang ingin saya tanyakan 1. Apakah istri saya dapat dikatakan terindikasi kanker kelamin? 2. Bagaimana cara menghilangkan bau tersebut? terima kasih atas jawabannya!
OK ( SEMARANG )

Jawaban

NO SEX UNTIL MARRIED...


OK di Semarang, pada dasarnya vagina mengeluarkan sekresi dalam bentuk keringat, sebum, sekresi dari kelenjar bartholin dan skene pada vulva, cairan endometrial dll. Dalam keadaan normal vagina memiliki mekanisme alamiah untuk membersihkan sendiri melalui cairan yang diproduksinya dalam jumlah kecil setiap hari. Proses pembersihan ini juga dibantu oleh bakteri-bakteri komensal (bakteri yang memang hidup dalam vagina) yang menjaga vagina dari infeksi kuman lain .

Dalam keadaan normal vagina juga mempunyai bau yang khas. Tetapi, bila kurang menjaga kebersihan vagina dan bila ada infeksi dapat menimbulkan bau yang mengganggu, seperti bau yang tidak sedap, menyengat, dan amis. Untuk itulah menjaga kebersihan alat kelamin menjadi satu hal yang sangat penting.

Mencuci vagina atau douching diperkirakan sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh nenek-nenek moyang sejak ratusan tahun lalu. Adapun salah satu alasan perempuan melakukan douching karena mereka terganggu dengan bau khas tersebut. Mereka menyemprot vaginanya dengan air untuk menghilangkan bau khas tersebut, atau untuk membersihkan sisa-sisa darah setelah menstruasi, membersihkan vaginanya setelah melakukan hubungan seksual agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), dan juga menyingkirkan sisa-sisa cairan sperma untuk mencegah kehamilan.

Ketidakseimbangan pH akan menyebabkan bakteri-bakteri komensal menjadi mati sehingga vagina dapat terserang bakteri dari luar. Apabila hal itu terjadi bisa menyebabkan penjalaran infeksi ke organ lebih atas lagi dan menyebabkan infeksi rongga panggul. Keadaan ini dapat menyebabkan perempuan mengalami sakit pada saat menjelang menstruasi dan bisa juga mengalami kesulitan hamil.

Penelitian di Amerika membuktikan bahwa seorang perempuan yang secara rutin melakukan douching lebih besar kemungkinannya terkena masalah kesehatan daripada perempuan yang tidak secara rutin melakukannya. Masalah kesehatan ini termasuk iritasi pada vagina, infeksi (yang biasa disebut Bacterial Vaginosis atau BV. Infeksi rongga panggul yang disebut di atas dikenal dengan nama Pelvic Inflammatory Disease (PID). PID sendiri adalah infeksi pada bagian dalam organ reproduksi perempuan, yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menjalar dari vagina dan leher rahim hingga dapat mencapai rahim dan ovarium.

Karena keseimbangan pH di dalam vagina sangat sensitif, ada baiknya membiarkan vagina membersihkan dirinya sendiri dengan membasuh bagian luar vagina menggunakan air hangat dan sabun yang tidak mengandung pewangi . Produk-produk seperti jamu, sabun sehat perempuan, bedak, bahkan parfum tidak selalu baik untuk membersihkan vagina, bahkan justru dapat membahayakan. Dan, bila terjadi sesuatu dengan bagian vagina kita seperti rasa sakit, gatal, lecet, atau bau yang tidak sedap; sakit ketika buang air kecil; keputihan yang tidak normal; jika sudah demikian segeralah berkonsultasi ke dokter terdekat. Biasakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum membersihkan vagina!

No comments: